Nuria, Sarda
(2022)
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Keliling dan Luas Bangun Datar Serta Hubungan Pangkat Dua dan Akar Pangkat Dua di Kelas IV SD.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya LKPD berbasis Problem
Based Learning yang dapat digunakan di SD. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis Problem Based Learning
yang layak digunakan untuk keliling dan luas bangun datar serta hubungan
pangkat dua dan akar pangkat dua di kelas IV SD.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research & Development. Model
pengembangan yang digunakan menurut Tjeer Plomp. Prosedur model penelitian
pengembangan Plomp terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research, prototype
phase, dan assessment phase. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV
SD Islam Kreatif Makkah. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah
data primer. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen non tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji validasi LKPD berbasis
Problem Based Learning oleh tiga validator memperoleh nilai rata-rata 87%
kategori sangat valid, (2) hasil uji praktikalitas LKPD berbasis PBL oleh guru dan
peserta didik masing-masing diperoleh nilai 88% dan 88% kategori sangat
praktis.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning sangat valid dan sangat praktis
digunakan dalam pembelaj
Actions (login required)
|
View Item |