Rancang Bangun Prototype Pick And Place Berbasis Programmable Logic Control (PLC) Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pengendali Sistem Robotik.

Razik, Abdul (2023) Rancang Bangun Prototype Pick And Place Berbasis Programmable Logic Control (PLC) Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pengendali Sistem Robotik. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_5_ABDUL_RAZIK_18065052_3468_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang akan di capai dalam pembuatan tugas akhir ini adalah dapat membuat sebuah Prototype Pick And Place Berbasis Programmable Logic Control (PLC) Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pengendali Sistem Robotik. Metode yang digunakan dalam pembuatan alat ini dimulai dengan merancang blok diagram, menentukan spesifikasi komponen berdasarkan blok diagram, pembuatan diagram alir, menggabungkan perangkat keras. prototype pick and place berbasis programmable logic control (PLC) terdiri dari berbagai macam komponen utama terdiri dari, PLC, silinder pneumatik, solenoid, tower lamp, relay, ELCB, control box button, air service unit. Uji validitas dilakukan oleh 4 orang ahli yaitu 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. Hasil uji validasi yang didapatkan adalah 94,37% dari ahli media dan 93,74% dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas dilakukan oleh peserta didik sebanyak 10 orang. Hasil uji praktikalitas didapatkan 89,62% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlmasri, AlmasriUNSPECIFIED
CorrectorEdidas, EdidasUNSPECIFIED
CorrectorAgustiarmi, WindaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL , SISTEM ROBOTIK , MEDIA PEMBELAJARAN
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:02
Last Modified: 16 Oct 2023 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47340

Actions (login required)

View Item View Item