Wahyuni, Lasri (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Kubung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_4_LASRI_WAHYUNI_18058023_2029_2023.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kubung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran sosiologi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 1 dan IPS 2 SMAN 1 Kubung.Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori konstruktivisme, dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran Sosiologi kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kubung.Hal ini terlihat dari hasil uji t yang dilakukan diperoleh dua arah atau sig (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga disimpulkan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Didapatkan t_hitung = 6,837 >t_tabel = 0,388 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi kelas XI IPS di SMAN 1 Kubung
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD | ||||||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LC Special aspects of education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1 Fakultas Kedokteran |
||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Oct 2023 01:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Oct 2023 01:00 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47333 |
Actions (login required)
View Item |