Psikoanalisis Tokoh-tokoh Novel Sunyi Adalah Minuman Keras karya Sapardi Djoko Damono dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel

Dewi, Tiara Tri (2023) Psikoanalisis Tokoh-tokoh Novel Sunyi Adalah Minuman Keras karya Sapardi Djoko Damono dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_TIARA_TRI _DEWI_19016129_3793_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) id tokoh-tokoh novel Sunyi Adalah Minuman Keras karya Sapardi Djoko Damono, (2) ego tokoh-tokoh novel Sunyi Adalah Minuman Keras karya Sapardi Djoko Damono, (3) superego tokoh-tokoh novel Sunyi Adalah Minuman Keras karya Sapardi Djoko Damono, dan (4) implikasi hasil penelitian dalam pembelajaran teks novel. Teori dalam penelitian ini ada tiga. Tiga teori tersebut adalah: (1) konsep dasar teks novel, (2) psikoanalisis Sigmund Freud, dan (3) implikasi dalam pembelajaran teks novel. Jenis Penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu teknik baca dan teknik catat. Teknik pengabsahan data yaitu menggunakan teknik triangulasi. Teknik penganalisisan data yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menyimpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Id tokoh Rara didominasi oleh dorongan untuk mencari kesenangan dengan menolak rasa tidak nyaman dan proses primer atau membayangkan. Id tokoh Ibu ditunjukkan oleh dorongan emosional. Ego tokoh Rara berkaitan pengendali emosi dan menerima realita. Ego tokoh Lelaki Tua digambarkan ketika ia memuaskan dorongan dengan cara yang dapat diterima. Superego tokoh Rara berkaitan dengan nilai kesopanan. Superego tokoh Ibu berkaitan dengan nilai religius dan nilai-nilai dalam masyarakat. Superego tokoh Lelaki Tua berkaitan dengan nilai kesetiaan dan memberikan nasehat. Hasil penelitian dapat diimplikasikan kepada pembelajaran bahasa Indonesia, yakni Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP) mengidentifikasi teks novel dan materi ajar mengidentifikasi teks novel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PSIKOANALISIS TOKOH-TOKOH NOVEL, SUNYI ADALAH MINUMAN KERAS, PEMBELAJARAN TEKS NOVEL
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:05
Last Modified: 13 Oct 2023 09:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47329

Actions (login required)

View Item View Item