Persepsi Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Padang Tentang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Febrianti, Lisa (2023) Persepsi Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Padang Tentang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_LISA_FEBRIANTI_19045138_4336_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk 1). mengetahui pengetahuan mahasiswa pendidikan geografi angkatan 2020 tentang program merdeka belajar kampus merdeka. 2). untuk menganalisis persepsi mahasiswa pendidikan geografi angkatan 2020 tentang program merdeka belajar kampus merdeka. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pemilihan informan, menggunakan teknik snowball sampling adalah mahasiswa pendidikan geografi universitas negeri padang angkatan 2020 yang telah mengikuti program mbkm dan mahasiswa yang belum mengikuti program mbkm. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa persepsi mahasiswa pendidikan geografi universitas negeri padang tentang program mbkm adalah mahasiswa pendidikan geografi ikut serta dalam mengikuti program mbkm ini. Dimana dari 15 mahasiswa pendidikan geografi angkatan 2020 yang mengikuti program mbkm tidak semua mahasiswa mengetahui 9 bentuk program. Mengenai konversi SKS mahasiswa belum mengerti sistem dari konversi matakuliah. Sehingga mahasiswa tetap mengikuti program MBKM sembari mengikuti kelas mata kuliah wajib . Untuk ketentuan umum dan bentuk bentuk penilaian dari program mbkm mahasiswa masih belum mengetahui dan baru mendengar istilah dari bentuk penilaian mbkm. Namun, Masih ada mahasiswa yang belum mengikuti program MBKM. Dikarenakan kurangnya literasi mahasiswa terhadap sosialisasi Program MBKM ini. Hal serupa juga membuat mahasiswa yang tidak mengikuti program mbkm karena belum memahami seperti apa matakuliah yang bisa dikonversikan. Dan juga program MBKM ini tidak wajib untuk diikuti mereka lebih memilih untuk menyelasaikan kuliah wajib jurusan dari pada untuk mengikuti program mbkm ini. Bagi mahasiswa yang sudah mengikuti program mbkm menyatakan bahwa program mbkm memberikan manfaat dalam pengalaman mahasiswa dan penambahan soft-kill dalam diri mahasiswa. Dengan adanya program MBKM menambahkan relasi dan membuat beradaptasi mahasiswa menjadi cepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorHermon, DediUNSPECIFIED
CorrectorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:18
Last Modified: 13 Oct 2023 08:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47328

Actions (login required)

View Item View Item