Lestari, Kurnia
(2023)
Optimalisasi Aspek
Perkembangan Peserta Didik Usia Dini (Studi Kasus TK Arafah
Mina Kota Padang).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya pendidik
dalam mengoptimalisasi aspek perkembangan pada peserta didik usia
dini. Hal ini menarik untuk diteliti karena terdapat permasalahan dalam
penelitian yaitu kurangnya teroptimalisasi aspek perkembangan pada
peserta didik usia dini di TK Arafah Mina Kota Padang. Penelitian ini
dianalisis menggunakan teori behavioristik yang dikembangkan oleh
Edward Lee Thorndike. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif yang termasuk penelitian studi kasus. Pemilihan informan
dilakukan secara purposive sampling yaitu teknik pengambilan data dari
sumber data dengan pertimbangan atau kreteria tertentu, dengan jumlah
informan 14 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis
data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian
ini ialah dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan segala aspek perkembangan pada peserta didik usia
dini setelah diberikan perlakuan kepada peserta didik berupa:
Pembiasaan sikap, yakni membaca doa sehari-hari, bersalaman dengan
guru, mengucapkan terimakasih, maaf, tolong, dan permisi. Melakukan
aktivitas motorik halus dan kasar. Pengelompokkan peserta didik,
pengelompokkan sesuai kompetensi peserta didik. Penggunaan metode
pembelajaran variatif, belajar sambil bernyanyi, bercerita, tanya jawab,
mewarnai dan menggambar. Hasil peningkatan dapat dilihat dari respon
peserta didik yang lebih interaktif dan senang dalam mengikuti proses
belajar.
Actions (login required)
|
View Item |