Meningkatkan Keterampilan Menanam Bawang Prei Melalui Metode Project Based Learning Bagi Anak Hambatan Penglihatan Kelas IX (Classroom Action Research di SLB N 1 Padang Panjang)

Wahyuni, Sri (2023) Meningkatkan Keterampilan Menanam Bawang Prei Melalui Metode Project Based Learning Bagi Anak Hambatan Penglihatan Kelas IX (Classroom Action Research di SLB N 1 Padang Panjang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_SRI_WAHYUNI_18003087_4171_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan pembelajaran keterampilan budidaya tanaman terhadap anak dengan hambatan penglihatan kelas IX di SLB N 1 Padang Panjang yang belum mengenal tentang bagaimana cara menanam bawang prei yang baik karena kurangnya pemberian pembelajaran yang menarik bagi anak. Oleh karena itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pembelajaran menanam bawang prei ini dilakukan dan Apakah dengan menggunakan metode project based learning ini efektif digunakan kepada anak hambatan penglihatan di SLB N 1 Padang Panjang untuk meningkatkan keterampilannya dalam menanam bawang prei? J enis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari satu siklus dimana dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Basil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran keterampilan menanam bawang prei bagi anak hambatan penglihatan melalui metode Project Based Learning sangat efektif diberikan kepada anak hambatan penglihatan. Basil belajar yang diperoleh anak setelah diberikan tindakan menunjukan peningkaan yang bagus. Setelah diberikan tindakan Ar mendapatkan persentase 97% yang dimana awalnya Ar hanya mendapatkan persentase 26% pada tes kemampuan awal. Rj mendapat persentase 92% yang mana awalnya Rj hanya mendapatkan persentase 18% pada kemampuan awal. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tujuan penelitian untuk menigkatkan keterampilan menanam bawang prei melalui metode Project based learning dapat meningkakan keterampilan anak dan menunjukan hasil yang cukup memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSopandi, Asep AhmadUNSPECIFIED
CorrectorIndramurni, IndramurniUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:57
Last Modified: 13 Oct 2023 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47310

Actions (login required)

View Item View Item