Wulandari, Sri Rahayu
(2023)
Efektivitas Permainan Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Wama Dasar bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV/C di SLB Hikmah Reformasi Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan yang dimiliki anak tunagrahita kelas IV/C yaitu berkaitan dengan kemampuang mengenal wama dasar yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah permainan finger painting efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal wama dasar bagi anak tunagrahita ringan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain berbentuk A-B-A. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak tunagrahita ringan kelas IV/C di SLB Hikmah Reformasi Padang. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik tes yang terdiri dari beberapa butir soal. Kemudian menggunakan teknik analisis data dengan visual grafik.
Hasil analisis sebanyak 16 kali pengamatan, data yang didapatkan pada setiap kondisi yaitu pada baseline (Al) 0%, 25%, 25%, dan 25%. Selanjutnya pengamatan saat kondisi intervensi dengan persentase 62%, 68%, 71 %, 75%, 78%, 84%, 84%, dan 84%. Terakhir pengamatan yang dilaksanakan pada kondisi baseline (A2) dengan perolehan persentase yaitu 87%, 93%, 93% dan 93%. Maka dapat disimpulkan hasil penelitian mengindikasikan bahwa permainan finger painting efektif dalam mengingkatkan kemampuan mengenal wama dasar pada anak tunagrahita ringan.
Actions (login required)
|
View Item |