Perencanaan Kawasan Ketentuan Khusus untuk Koridor Migrasi Orangutan Tapanuli (Pongo Tapanuliensis) di Kawasan Konservasi Hutan Batang Toru Sumatera Utara

Hidayat, Rizki Atthoriq (2023) Perencanaan Kawasan Ketentuan Khusus untuk Koridor Migrasi Orangutan Tapanuli (Pongo Tapanuliensis) di Kawasan Konservasi Hutan Batang Toru Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RIZKI_ATTHORIQ_HIDAYAT_18136136_1051_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

u terjadinya konflik antara manusia dan orangutan tapanuli (Pongo tapanuliensis) yang statusnya terancam punah. Permasalahan konflik ini dapat diatasi dengan menyediakan koridor sebagai jalur migrasi, sehingga perlu adanya perencanaan koridor dengan berbagai pertimbangan dan urgensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konflik orangutan tapanuli dengan masyarakat, menentukan ketentuan khusus koridor, dan menentukan lokasi yang berpotensi untuk perencanaan koridor. Hasil analisis konflik menemukan lokasi penelitian sebesar 26,34% berpotensi konflik tinggi. Model koridor 86,02% terdapat di potensi konflik tinggi. Model koridor menghubungkan pemisahan krusial, yaitu Blok Barat (42,5%) dengan Timur (51,9%) yang merupakan metapopulasi besar bagi orangutan tapanuli. Berdasarkan RTR KSP Hutan Batang Toru, koridor potensial 22,8% berada di kawasan pertanian lahan kering, 19,7% di hutan lindung pemanfaatan, dan 14,3% di perkebunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhyuni, AhyuniUNSPECIFIED
CorrectorPurwaningsih, EndahUNSPECIFIED
CorrectorRamadhan, RiskyUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:20
Last Modified: 13 Oct 2023 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47301

Actions (login required)

View Item View Item