Meningkatkan Vokasional Mewarnai Baju dengan Pola Tie Dye Melalui Media Video Tutorial bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas X di SLB Bina Bangsa Padang.

Haliqa, Salsabila (2023) Meningkatkan Vokasional Mewarnai Baju dengan Pola Tie Dye Melalui Media Video Tutorial bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas X di SLB Bina Bangsa Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_SALSABILA_HALIQA_19003031_2732_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran keterampilan mewarnai baju dengan pola tie dye pada anak tunagrahita sedang kelas X SLB Bina Bangsa Padang. Pada studi pendahuluan ditemukan dua orang siswa mengalami kesulitan dalam mempersiapkan alat, bahan dan melakukan langkah-langkah keterampilan mewarnai baju dengan pola tie dye dan kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran oleh guru kelas yang mendukung pembelajaran serta rnenarik bagi siswa dalam memahami pelajaran di kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam bentuk kolaborasi peneliti dengan guru kelas. Peneliti bertindak sebagai pemberi tindakan sedangkan guru kelas sebagai kolaborator. penelitian dilaksanakan dua siklus, masing - masing siklus dilak:ukan ernpat kali pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Subjek penelitian yaitu dua orang siswa tunagrahita sedang. Media pembelajaran yang digunakan adalah video tutorial Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran berjalan baik sesuai dengan perencanaan dan kemampuan yang diperoleb siswa juga meningkat Hal ini dapat dibuktikan dari kemarnpuan awal siswa yang dikategorikan masih rendah setelah diberikan tindakan pada siklus I kemampuan siswa meningkat, walaupun peningkatan yang diperoleh belum optimal dan belum mencapai kriteria penilaian. Setelah diberi tindakan pada siklus Il, kemampuan siswa meningkat secara optima]. Berdasarkan hasil penelitian serta analisis data, dapat disimpulkan bahwa media video tutorial dapat meningkatkan kemampuan mewarnai baju dengan pola tie dye.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfendi, JonUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorUtami, Iga SetiaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:19
Last Modified: 13 Oct 2023 04:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47300

Actions (login required)

View Item View Item