Ayu, Rina Putri
(2023)
Meningkatkan Keterampilan Menyetrika Rok Lipit Pada Anak Tunagrahita Melalui Teknik Modelling kelas VI SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalah yang ditemukan di SLB Muhammadiyah IX Pauh Padang kelas VI. Terdapat 2 orang anak yang mengalami masalah dalam pembelajaran keterampilan menyetrika rok lipit selama ini guru hanya Tanya jawab dan ceramah dalam pembelajaran menyetrika rok lipit. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyetrika rok lipit pada anak melalui teknik modelling.
Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat pertemuan dengan tatap muka dan setiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Siklus yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran menyetrika rok lipit melalui teknik modelling pada anak tunagrahita ringan kelas IV. 2) kemampuan menyetrika rok lipit untuk anak tunagrahita ringan dikelas IV meningkat melalui teknik modelling. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal anak sebelum diberikan tindakan SS 23% dan AP 19,2%, sedangkan pada akhir siklus I kemampuan anak meningkat menjadi SS 55% dan AP 44% dan pada siklus II kemampuan SS dn AP meningkat menjadi SS 89% dan AP 86%. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menyetrika rok lipit melalui teknik modelling meningkat.
Actions (login required)
|
View Item |