Peran Orang Tua Terhadap lnteraksi Sosial Anak Tunarungu dengan Teman Sebaya Tingkat SMPLB (Penelitian Deskriptif Kuantitatif di SLB Se-Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam ).

Pranatalia, Niken Desi (2023) Peran Orang Tua Terhadap lnteraksi Sosial Anak Tunarungu dengan Teman Sebaya Tingkat SMPLB (Penelitian Deskriptif Kuantitatif di SLB Se-Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam ). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_NIKEN_DESI_PRANATALIA_17003097_3033_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Orang tua menjadi peran utama pada aspek kehidupan anak. Orang tuajuga menjadi peran penting terhadap interaksi sosial anak apalagi anak tunarungu. Namun pada kenyataannya ada anak yang sulit mengontrol emosi dalam berinteraksi dengan teman sebaya dan beberapa juga kurang dalam hal interaksi dan dibatasi saat interaksi. Disinilah perlu peranan penting orang tua anak tunarungu. Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui peran orang tua terhadap interaksi sosial anak tunarungu dengan teman sebaya tingkat SMPLB DI SLB Negeri 1 Lubuk Basung dan SLB Batu Kambing. Metode dalam penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel yang diambil masing-masing dua puluh orang tua dan anak tunarungu. Data yang peneliti pakai dalam penelitian ini berupa angket yang disebar kepada responden. Penelitian ini memakai teknik analisis data berupa persentase dengan kategori yang diberikan yaitu kategori sangat baik, baik, cukup dan kurang baik. Hasil penelitian menunjukkan, peranan orang tua anak tunarungu terhadap interaksi sosial terdapat empat yaitu; pengasuh dengan hasil persentase 25,5%, pendidik dengan hasil persentase 33%, pembimbing dengan hasil persentase 35,83%, dan motivasi dengan hasil persentase 29,5%. Jumlah keempat indikator sebesar 16,43%, menunjukkan hasil kategori kurang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:18
Last Modified: 13 Oct 2023 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47295

Actions (login required)

View Item View Item