Putri, Meylani Mayang
(2023)
Meningkatkan Keterampilan Membuat Tas Manik Manik Melalui
Metode Drill bagi Anak Tunagrahita Ringan SLB Negeri 1
Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Negeri 1 Padang kelas keterampilan. Terdapat dua orang anak mengalami masalah dalam pembelajaran keterampilan membuat tas manikmanik. Selama ini guru menggunakan metode demonstrasi, dan mencatat langkahlangkah membuat tas manikmanik di papa tulis dalam pembelajaran keterampilan membuat tas manik manik dengan penugasan secara individual. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak membuat tas manikmanik melalui metode drill.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka dan setiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Siklus yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran membuat tas manikmanik melalui metode drill pada anak tunagrahita kelas Keterampilan. 2) kemampuan membuat tas manikmanik untuk anak tunagrahita kelas keterampilan meningkat melalui metode drill. Hal ini dapat dilihat dari data sebelum tindakan kemampuan anak dalam 20 indikator membuat tas manikmanik yakni F adalah
32,5% dan S 40,00%. Sedangkan pada akhir siklus I kemampuan F meningkat (57,5%) dan S meningkat (62,5%). Pada siklus II kemampuan F meningkat menjadi (80,00%) dan S meningkat (87,5%). Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan membuat tas manikmanik dapat meningkatkan melalui metode drill.
Actions (login required)
|
View Item |