Evaluasi Teknis Belt Conveyor 01 dan Belt Conveyor 02 untuk Mencapai Target Produksi di Jetty Terbuka Batubara PT. Pancaran Surya Abadi, Kecamatan Anggana Muara Badak, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Qadri, Habibul (2023) Evaluasi Teknis Belt Conveyor 01 dan Belt Conveyor 02 untuk Mencapai Target Produksi di Jetty Terbuka Batubara PT. Pancaran Surya Abadi, Kecamatan Anggana Muara Badak, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_2_HABIBUL_QADRI_19080014_4697_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. Pancaran Surya abadi merupakan perusahaan pemegang IUP (Izin Usaha Pertambangan) yang bergerak pada bidang usaha pertambangan batubara, menggunakan metode penambangan tambang terbuka . PT. Pancaran Surya Abadi telah memiliki Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi sebesar 991 Hektar(ha) di selok lai kawasan Anggana-Muarabadak, Kalimantan Timur dengan hasil produksi 31.597,44 ton per bulan. Dalam memenuhi target produksi yang diinginkan PT. Pancaran Surya Abadi membangun Jetty di dekat Pelabuhan Naga, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Jenis kegiatan yang dilakukan adalah Evaluasi teknis belt conveyor-01 dan belt conveyor-02 untuk mencapai target produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kapasitas aktual dan teoritis belt conveyor, menentukan dimensi stockpile raw coal dan stockpile product coal, serta menentukan kapasitas tongkang dengan menggunakan metode draft sederhana. Kegiatan jetty di PT. Pancaran Surya Abadi diawali dari proses pengangkutan (hauling) batubara ke jetty PT. Pancaran Surya Abadi yang berjarak 22 km, dilanjutkan dengan proses penimbangan massa hauler di jetty PT. Pancaran Surya Abadi, setelah dilakukan penimbangan dilakukan proses penimbunan (dumping) batubara di stockpile, kemudian dilakukan lah proses crushing batubara yang mana proses tersebut dilakukan untuk memecah material batubara menjadi material berukuran 60-160 mm. setelah itu, material yang telah diremukkan oleh crusher di simpan di stockpile yang selanjutnya akan diangkut oleh belt comveyor menuju kapal pengangkut (tongkang). Batubara yang ada ditongkang kemudian diangkut menuju PLTU bima sakti, di Jawa Timur. Upaya yang dilakukan agar target produksi dapat tercapai adalah dengan dilakukannya perhitungan produktivas teoritis dan aktual belt conveyor serta ketersedia batubara di stockpile jetty serta kedisiplinan pekerja di jetty agar target produksi dapat tercapai yang mana terjadi keterlambatan proses loading tongkang di jetty PT. Pancaran Surya Abadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFadhilah, FadhilahUNSPECIFIED
CorrectorGusman, MulyaUNSPECIFIED
CorrectorYulhendra, YulhendraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TARGET PRODUKSI, PERTAMBANGAN, BATU BARA
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:32
Last Modified: 12 Oct 2023 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47285

Actions (login required)

View Item View Item