Efektivitas Media Pembelajaran Maghnetic Portable Numeric Board Untuk Mengenal Bilangan Asli Bagi Anak Tunadaksa: Single Subject Research Kelas II di SLB Bundo Kanduang Padang

Afriani, Iii (2023) Efektivitas Media Pembelajaran Maghnetic Portable Numeric Board Untuk Mengenal Bilangan Asli Bagi Anak Tunadaksa: Single Subject Research Kelas II di SLB Bundo Kanduang Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_IIL_AFRIANI_16003141_736_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Bilangan asli adalah sebuah angka yang dimulai dari angka 1, kemudian akan terns bertambah 1 angka atau himpunan bilangan positif lainnya tetapi tidak termasuk dengan angka O. Meningkatkan kemampuan mengenal bilangan kepada anak tunadaksa bukanlah hal yang bias dibilang mudah walaupun anak tunadaksa tidak mengalami keterbatasan pada IQ nya. Dengan itu guru hams memberikan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif kepada siswa agar sesuai dengan kondisi siswa dan memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Oleh karena itu permasalahan yang akan dikaji dalam peneltian ini adalah "membuktikan bahwa media maghnetic portable numeric board dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan asli untuk anak tunadaksa". Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek tunggal atau single subject research (SSR), berdesain A-B-A. penelitian ini dilakukaan menggunakan media maghnetic portable numeric board sebagai varibel bebas, dan variabel terikat berupa kemampuan mengenal bilangan asli. Penelitian ini menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi yang mana dapat dibuktikan dari kecenderungan stabilitas pada mean level Al yakni 33%. Lalu terjadi kenaikan saat diberikan intervensi (B) yang mana mean levelnya 49% dan setelah diberikan intervensi yaitu kondisi A2 mean levelnya 78%. Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan setiap kondisi yang berarti anak sudah mampu mengenal bilangan asli 1 sampai 50.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:14
Last Modified: 12 Oct 2023 04:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47280

Actions (login required)

View Item View Item