Indriyani, Novalina
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning
Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri Batang Anai.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah
dikarenakan kegiatan pembelajaran berpusat pada guru, sehingga peserta didik
kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik kurang aktif
dalam proses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan
model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik
terpadu dengan menggunakan model cooperative learning tipe numbered head
together di kelas IV SD Negeri 28 Batang Anai.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak II Siklus,
dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali
pertemuan. Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas
IV sebanyak 22 orang, yang terdiri dari 14 orang peserta didik laki-laki dan 8
orang peserta didik perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata
83,33% (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (SB). Nilai rata-rata aspek
guru siklus I diperoleh 82,81% (B), meningkat pada siklus II 93,75% (SB).
Sedangkan nilai rata-rata aspek peserta didik siklus I diperoleh 82,81% (B),
meningkat pada siklus II 93,75% (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I
memperoleh nilai rata-rata 74,22 (C) dan meningkat pada siklus II dengan nilai
rata-rata 85,6 (B). Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
cooperative learning tipe numbered head together (NHT) dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SD
Negeri 28 Batang Anai.
Actions (login required)
|
View Item |