Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri Batang Anai

Indriyani, Novalina (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Novalina _Indriyani _18129025_1181_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran berpusat pada guru, sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model cooperative learning tipe numbered head together di kelas IV SD Negeri 28 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak II Siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV sebanyak 22 orang, yang terdiri dari 14 orang peserta didik laki-laki dan 8 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 83,33% (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 82,81% (B), meningkat pada siklus II 93,75% (SB). Sedangkan nilai rata-rata aspek peserta didik siklus I diperoleh 82,81% (B), meningkat pada siklus II 93,75% (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,22 (C) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,6 (B). Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model cooperative learning tipe numbered head together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SD Negeri 28 Batang Anai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:36
Last Modified: 12 Oct 2023 08:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47276

Actions (login required)

View Item View Item