Nivetiken, Nivetiken
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SD Negeri 26 Air Tawar Timur.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan-kenyataan yang ditemukan
di lapangan yaitu guru tidak mengembangkan RPP yang terdapat pada buku guru,
pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan proses belajar
peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu belum maksimal. Tujuan
penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model
kooperatif tipe Numbered Head Together di kelas V SD Negeri 26 Air Tawar
Timur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan
yang digunakan yaitu kualititatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian yaitu terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan
pada bulan Januari bertetapan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek
penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SD Negeri 26 Air Tawar
Timur dimana tercatat peserta didik sebanyak 20 orang, 10 orang peserta didik
laki-laki dan 10 orang peserta didik perempuan. Instrumen penelitian adalah
lembar observasi berupa lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru
dan lembar pengamatan aspek peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus
dengan tiga kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam a) Perencanaan siklus I
memperoleh nilai rata-rata 83,33% dengan kualifikasi cukup (B), meningkat pada
siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) Pelaksanaan
pembelajaran siklus I aspek guru memperoleh nilai rata-rata 82,81% dengan
kualifikasi cukup (B) , meningkat pada siklus II aspek guru memperoleh nilai
93,75%, dengan kualifikasi sangat baik (SB), aspek peserta didik memperoleh
nilai 82,81% dengan kualifikasi cukup (B), meningkat siklus II aspek peserta
didik memperoleh nilai 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar
peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,18 (C) dan meningkat pada
siklus II dengan nilai rata-rata 85,61 (B). Dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di
Kelas V SD Negeri 26 Air Tawar Timur.
Actions (login required)
|
View Item |