Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SD Negeri 26 Air Tawar Timur

Nivetiken, Nivetiken (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SD Negeri 26 Air Tawar Timur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Nivetiken_18129294_1902_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan-kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu guru tidak mengembangkan RPP yang terdapat pada buku guru, pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan proses belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu belum maksimal. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together di kelas V SD Negeri 26 Air Tawar Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan yaitu kualititatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian yaitu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari bertetapan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SD Negeri 26 Air Tawar Timur dimana tercatat peserta didik sebanyak 20 orang, 10 orang peserta didik laki-laki dan 10 orang peserta didik perempuan. Instrumen penelitian adalah lembar observasi berupa lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru dan lembar pengamatan aspek peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam a) Perencanaan siklus I memperoleh nilai rata-rata 83,33% dengan kualifikasi cukup (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) Pelaksanaan pembelajaran siklus I aspek guru memperoleh nilai rata-rata 82,81% dengan kualifikasi cukup (B) , meningkat pada siklus II aspek guru memperoleh nilai 93,75%, dengan kualifikasi sangat baik (SB), aspek peserta didik memperoleh nilai 82,81% dengan kualifikasi cukup (B), meningkat siklus II aspek peserta didik memperoleh nilai 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,18 (C) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,61 (B). Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SD Negeri 26 Air Tawar Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida S, Farida SUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:36
Last Modified: 12 Oct 2023 08:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47275

Actions (login required)

View Item View Item