Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Mengggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi

Rahma, Laila (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Mengggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Laila_ Rahma _18129178_1946_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan Model Two Stay Two Stray di kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Penelitian ini dilaksananakan dengan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray di kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 28 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I di mulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 81,94% (B) dan siklus II menjadi 94,44% (SB), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 82,14% (B) dan siklus II 96,42% (SB), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 80,35% (B), dan siklus II menjadi 96,42% (SB), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 76,2(C) dan siklus II 87,2 (B) . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorHaminiah, HaminiahUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:35
Last Modified: 12 Oct 2023 08:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47272

Actions (login required)

View Item View Item