Rahma, Laila
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Mengggunakan Model Cooperative Learning
Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan
pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak
pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 04 Garegeh Kota
Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan
Model Two Stay Two Stray di kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi.
Penelitian ini dilaksananakan dengan model Cooperative Learning tipe Two
Stay Two Stray di kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Subjek penelitian
ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 28 orang. Pendekatan
yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus,
siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap
siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I di mulai
dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 81,94% (B) dan
siklus II menjadi 94,44% (SB), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata
82,14% (B) dan siklus II 96,42% (SB), sedangkan pelaksanaan aspek peserta
didik siklus I rata-rata 80,35% (B), dan siklus II menjadi 96,42% (SB), c)
Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata
76,2(C) dan siklus II 87,2 (B) . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa dengan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |