Vajrini, Intan
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 20 Tarok
Hilia Lamo Kabupaten Agam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta
didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
pembelajaran tematik terpadu dengan model cooperative learning tipe two
stay two stray.
Penelitian ini dilaksananakan dengan model Cooperative Learning
tipe Two Stay Two Stray di kelas IV SDN 20 Tarok Hilia Lamo. Subjek
penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 12 orang.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam
dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1
pertemuan. Pada setiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, dilihat dari aspek
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran siklus I memperoleh rata-rata 81,94%
dengan kualifikasi B (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan
kualifikasi SB (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I
diperoleh rata-rata 82,81% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat pada
siklus II menjadi 96,87% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). Pada aktivitas
peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 82,81% dengan kualifikasi B (Baik),
meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi SB (Sangat
Baik). Hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 72,66, meningkat
pada siklus II menjadi 82,59. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa dengan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |