Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 20 Tarok Hilia Lamo Kabupaten Agam

Vajrini, Intan (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 20 Tarok Hilia Lamo Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Intan_Vajrini_18129118_2037_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran tematik terpadu dengan model cooperative learning tipe two stay two stray. Penelitian ini dilaksananakan dengan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray di kelas IV SDN 20 Tarok Hilia Lamo. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 12 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Pada setiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran siklus I memperoleh rata-rata 81,94% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 82,81% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 96,87% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). Pada aktivitas peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 82,81% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 72,66, meningkat pada siklus II menjadi 82,59. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:43
Last Modified: 12 Oct 2023 08:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47268

Actions (login required)

View Item View Item