Pengembangan Media Pembelajaran Video Aniamsi Berbasis Sparkol Videoscribe pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar.

Rahmah, Dyah Ayu (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Aniamsi Berbasis Sparkol Videoscribe pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Dyah _Ayu_ Rahmah_17129318_1510_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran video berbasis sparkol videoscribe merupakan alternatif dalam meningkatkan minat belajar siswa, tujuan terlaksananya penelitian pengembangan ini yaitu, untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis sparkol videoscribe untuk siswa kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis hal ini juga didukung oleh sekolah yang telah memulai sarana dan prasarana sehingga mempermudah proses pembelajaran dengan media yang dikembangkan. Jenis penelitian pengembngan ini adalah Research and Develpoment (R&D) yang mengacu pada model pengembanagan ADDIE memiliki lima tahapan yaitu : Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evalusi). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar dengan pengumpulan teknik data menggunakan angket dari ahli materi dan ahli media, angket respon peserta didik dan angket respon guru. Subjek uji coba pada penelitian ini sebanyak 40 orang peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran video sparkol videocsribe yang dikembangkan melalui tahapan validasi aspek materi dan aspek media memperoleh nilai 90,5% menunjukkan kategori sangat valid. Sedangkan dari angket respon peserta didik memperoleh skor rata-rata 93,5% berkategori sangat praktis dan angket respon guru dengan skor rata-rata 89% berkategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:43
Last Modified: 12 Oct 2023 08:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47263

Actions (login required)

View Item View Item