Rahmah, Dyah Ayu
(2022)
Pengembangan Media Pembelajaran Video Aniamsi Berbasis Sparkol Videoscribe pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pengembangan media pembelajaran video berbasis sparkol videoscribe
merupakan alternatif dalam meningkatkan minat belajar siswa, tujuan terlaksananya
penelitian pengembangan ini yaitu, untuk mengembangkan media pembelajaran
video animasi berbasis sparkol videoscribe untuk siswa kelas V Sekolah Dasar yang
valid dan praktis hal ini juga didukung oleh sekolah yang telah memulai sarana dan
prasarana sehingga mempermudah proses pembelajaran dengan media yang
dikembangkan.
Jenis penelitian pengembngan ini adalah Research and Develpoment (R&D)
yang mengacu pada model pengembanagan ADDIE memiliki lima tahapan yaitu :
Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan),
Implementation (implementasi), Evaluation (evalusi). Penelitian ini dilakukan di
Sekolah Dasar dengan pengumpulan teknik data menggunakan angket dari ahli
materi dan ahli media, angket respon peserta didik dan angket respon guru. Subjek
uji coba pada penelitian ini sebanyak 40 orang peserta didik kelas V Sekolah Dasar.
Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran video sparkol
videocsribe yang dikembangkan melalui tahapan validasi aspek materi dan aspek
media memperoleh nilai 90,5% menunjukkan kategori sangat valid. Sedangkan dari
angket respon peserta didik memperoleh skor rata-rata 93,5% berkategori sangat
praktis dan angket respon guru dengan skor rata-rata 89% berkategori sangat praktis.
Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
layak digunakan.
Actions (login required)
|
View Item |