Sari, Dela Monika
(2022)
Pengembangan Media Edugame dengan Bantuan Aplikasi Adobe Flash CS6 pada Materi Pengumpulan dan Penyajian Data Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas V Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari penggunaan media pembelajaran yang
masih bersifat sederhana seperti media yang masih menggunakan buku guru dan
buku siswa. Pemanfaatan teknologi seperti penggunaan power Point dengan
menggunakan proyektor masih sangat sedikit dalam proses pembelajaran. Pada
aplikasi yang digunakan siswa dalam pembelajaran, guru tidak dapat mengetahui
tingkat hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi tersebut, peneliti tertarik untuk
mengembangkan media pembelajaran berbasis edugame pada materi pengumpulan
dan penyajian data terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian Research & Development dengan
model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Tahapan model
pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap analysis, design, development,
implementation, dan evaluation. penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas V
SDN 08 Nan Limo Mudiak. Media pembelajaran diuji kevalidannya oleh tiga orang
ahli yaitu ahli meteri, ahli kebahasaan, dan ahli penyajian serta kegrafikan.
Hasil dari penelitian ini diperoleh sebuah media pembelajaran berbasis
edugame dengan bantuan aplikasi Adobe Flash cs6 pada materi pengumpulan dan
penyajian data untuk kelas V Sekolah Dasar. Hasil uji validitas media pembelajaran
secara keseluruhan oleh tiga orang validator memperoleh nilai rata-rata 93,83%
dengan kriteria sangat valid. Hasil uji media pembelajaran ajar oleh guru dan peserta
didik masing-masing diperoleh nilai 94% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
berbasis edugame dengan bantuan aplikasi adobe flash cs6 pada materi pengumpulan
dan penyajian data untuk kelas V Sekolah Dasar sangat valid dan sangat praktis
digunakan dalam proses pembelajaran matematika kelas V SD
Actions (login required)
|
View Item |