Pengembangan Bahan Ajar Volume Bangun Ruang dan Hubungan Pangkat Tiga dengan Akar Pangkat Tiga Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas V Sekolah Dasar

Susanti, Dasmi (2022) Pengembangan Bahan Ajar Volume Bangun Ruang dan Hubungan Pangkat Tiga dengan Akar Pangkat Tiga Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Dasmi_ Susanti _17129198_1403_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini didasarkan dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa belum adanya pengembangan bahan ajar yang valid dan praktis khususnya pada materi volume bangun ruang dan hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar volume bangun ruang dan hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian Research & Development. Produk yang dikembangkan adalah bahan ajar volume bangun ruang dan hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk kelas V Sekolah Dasar. Bahan ajar diuji kevalidannya oleh tiga orang ahli yaitu ahli meteri, ahli kebahasaan, dan ahli desain. Bahan ajar yang dikembangkan diuji cobakan di kelas V SDN 10 Sasai Kandang. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan lembar validasi, angket respon guru, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji validitas bahan ajar secara keseluruhan oleh tiga orang validator memperoleh nilai rata-rata 90,88% dengan kriteria sangat valid. (2) Hasil uji praktikalitas bahan ajar oleh guru dan peserta didik masing-masing diperoleh nilai 94,66% dan 95,80% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar volume bangun ruang dan hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning kelas V Sekolah Dasar sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran matematika kelas V SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:42
Last Modified: 12 Oct 2023 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47261

Actions (login required)

View Item View Item