Susanti, Dasmi
(2022)
Pengembangan Bahan Ajar Volume Bangun Ruang dan Hubungan Pangkat Tiga dengan Akar Pangkat Tiga Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas V Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitan ini didasarkan dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa belum
adanya pengembangan bahan ajar yang valid dan praktis khususnya pada materi
volume bangun ruang dan hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar volume bangun ruang
dan hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga berbasis pendekatan
Contextual Teaching and Learning kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis
dengan model pengembangan ADDIE.
Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian Research & Development.
Produk yang dikembangkan adalah bahan ajar volume bangun ruang dan
hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga berbasis pendekatan Contextual
Teaching and Learning untuk kelas V Sekolah Dasar. Bahan ajar diuji
kevalidannya oleh tiga orang ahli yaitu ahli meteri, ahli kebahasaan, dan ahli
desain. Bahan ajar yang dikembangkan diuji cobakan di kelas V SDN 10 Sasai
Kandang. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan lembar validasi, angket
respon guru, dan angket respon peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji validitas bahan ajar
secara keseluruhan oleh tiga orang validator memperoleh nilai rata-rata 90,88%
dengan kriteria sangat valid. (2) Hasil uji praktikalitas bahan ajar oleh guru dan
peserta didik masing-masing diperoleh nilai 94,66% dan 95,80% dengan kriteria
sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat
disimpulkan bahwa bahan ajar volume bangun ruang dan hubungan pangkat tiga
dengan akar pangkat tiga dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning
kelas V Sekolah Dasar sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses
pembelajaran matematika kelas V SD.
Actions (login required)
|
View Item |