Hubungan Tata Ruang Kantor dengan Kinerja Guru di SMK Negeri Kota Bukittinggi

Sari, Intan Pumama (2023) Hubungan Tata Ruang Kantor dengan Kinerja Guru di SMK Negeri Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_INTAN_PURNAMA_SARI_19002056_3092_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya kinerja guru di SMK Negeri Kota Bukittinggi. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru, salah satunya yaitu tata ruang kantor guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang 1) Kinerja guru di SMK Negeri Kota Bukittinggi, 2) Tata ruang kantor guru di SMK Negeri Kota Bukittinggi, dan 3) Hubungan antara tata ruang kantor guru dengan kinerj a guru di SMK N egeri Kota Bukittinggi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu Ha: ada hubungan antara tata ruang kantor guru dengan kinerj a guru di SMK N egeri Kota Bukittinggi dan H0: tidak ada hubungan antara tata ruang kantor guru dengan kinerja guru di SMK Negeri Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SMK N egeri Kota Bukittinggi yang berjumlah 254 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling, besamya sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin pada tingkat kesalahan 10% dan memperoleh sampel sebanyak 7 4 orang. Instrument penelitian yang digunakan berupa angket sebanyak 49 item pemyataan dengan model ska/a likert. Angket ini sudah di uji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya menggunakan bantuan SPSS versi 25. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Pearson (Pearson Product Moment Correlation). Hasil analisis data menunjukkan 1) Kinerja guru berada pada interpretasi tinggi yaitu 81,77%. 2) Tata ruang kantor guru berada pada interpretasi kurang baik yaitu 60,77%. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel dengan koefisien korelasi (r) adalah 0,362 dengan taraf kesalahan penelitian sebesar 0,01 (1 %). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tata ruang kantor guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru pada nilai korelasi 0,362. Hal ini berarti semakin tinggi perolehan skor tata ruang kantor guru maka semakin tinggi kinerj a guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorRifma, RifmaUNSPECIFIED
CorrectorNingrum, Tia AyuUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:06
Last Modified: 12 Oct 2023 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47258

Actions (login required)

View Item View Item