Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasisi Google Slide pada Materi Seni Rupa Tiga Dimensi Kelas X SMA Negeri 8 Mukomuko

Annajati, Shalsa (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasisi Google Slide pada Materi Seni Rupa Tiga Dimensi Kelas X SMA Negeri 8 Mukomuko. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_SHALSA_ANNAJATI_18020058_4710_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berawal dari permasalahan yang dijumpai yaitu terbatasnya media pembelajaran menggunakan media buku cetak dan media yang digunakan dalam pembelajaran kurang bervariasi untuk mendukung peserta didik dalam memahami konsep dalam materi seni rupa tiga dimensi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk media pembelajaran interatif berbasis google slide pada materi seni rupa tiga dimensi kelas X SMA Negeri 8 Mukomuko yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) atau Research and Development. Model penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Dick & Carry (1996) dengan lima tahap yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Mukomuko. Instrument penelitian berupa lembar angket validasi untuk pemendapatkan data validasi produk, angket respon pendidik mata pelajaran seni budaya dan respon peserta didik untuk mendapatkan data pratikalitas produk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, media pembelajaran interaktif berbasis google slide yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan tingkat validitas media pembelajaran interaktif berbasis google slide pada materi seni rupa tiga dimensi berada pada kategori sangat valid dengan total nilai rata-rata keseluruhan 3,6 dengan presentase 91,6% dengan rincian hasil yang dinilai oleh ahli media 93,75%, ahli materi 90%, dan ahli bahasa 92,5%. Selanjutnya tingkat praktikalitas media pembelajaran interaktif diperoleh dengan total nilai rata-rata 3,7 presentase 92,5% dengan rincian hasil dari respon pendidik dan respon peserta didik dalam skala kecil 90,6% dan skala besar 90,9% produk yang dikembangkan berada dalam kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis google slide pada materi seni rupa tiga dimensi kelas X yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 8 Mukomuko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWikarya, YusronUNSPECIFIED
CorrectorYahya, YahyaUNSPECIFIED
CorrectorAwrus, SuibUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF, GOOGLE SLIDE, SENI RUPA TIGA DIMENSI
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Oct 2023 08:27
Last Modified: 11 Oct 2023 08:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47257

Actions (login required)

View Item View Item