Metode Pengasuhan Orang Tua dalam Membentuk Karakter Religius Anak di Jorong Parit Panjang Kenagarian Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung

Afuadda, Intan (2023) Metode Pengasuhan Orang Tua dalam Membentuk Karakter Religius Anak di Jorong Parit Panjang Kenagarian Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_INTAN_AFUADDA_18329182_646_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Metode pengasuhan yang dilakukan orang tua dalam membentuk karakter religius anak di Jorong Parit Panjang Kenagarian Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung sangat berbeda dangan dikenagarian lainnya, anak-anak di Jorong Parit Panjang sangat menghormati orang tua, tidak berprilaku kasar atau berkata kasar dan berbeda dari jorong-jorong lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah pertama, bagaimana metode pembiasaan orang tua dalam membentuk karakter religius anak di Jorong Parit Panjang Kenagarian Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung, Kedua, bagaimana metode keteladanan orang tua dalam membentuk karakter religius anak di Jorong Parit Panjang Kenagarian Lubuk Basung Keacamatan Lubuk Basung, Ketiga, bagaimana metode bercerita dan nasehat dalam membentuk karakter religius anak di Jorong Parit Panjang Kenagarian Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung, dan Keempat, bagaimana metode pemberian hadiah atau hukuman dalam membentuk karakter religius anak di Jorong Parit Panjang Kenagarian Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini di fokuskan kepada orang tua dan anak di Jorong Parit Panjang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti menetapkan sebanyak delapan orang kepala keluarga yan terdiri satu bapak/ibu dan satu orang anak dari jumlah penduduk di Jorong Parit Panjang Kenagarian Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung. Tiga teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tahapan data reduction, data display, dan conclution drawing/verification.Hasil dari penelitian ini adalah mendapatkan bahwa metode pembiasaan dan keteladanan banyak dipakai keluarga di Jorong Parit Panjang, sedangkan metode bercerita dan nasehat, metode pemberian hadiah atau hukuman hanya sebagian keluarga yang menggunakan metode tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahman, RiniUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
CorrectorWiza, RahmiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:16
Last Modified: 11 Oct 2023 07:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47254

Actions (login required)

View Item View Item