Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva pada Mata Kuliah Praktek Kerja Kayu.

Wijaksono, Savio Adi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva pada Mata Kuliah Praktek Kerja Kayu. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_SAVIO_ADI_WIJAKSONO_18061032_5191_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya mahasiswa yang belum memahami jenis-jenis sambungan kayu dan belum adanya media pembelajaran berbasis Canva untuk materi jenis-jenis sambungan kayu pada mata kuliah Praktek Kerja Kayu. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Canva yang layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran pada mata kuliah Praktek Kerja Kayu. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dan mengadaptasi model DDD-E yang terdiri dari tahap Decide, Design, Develop,dan Evaluate. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket untuk uji validasi media dan uji praktikalitas media. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Teknik Sipil terkhususnya prodi Pendidikan Teknik Bangunan yang sedang mengambil mata kuliah praktek kerja kayu di Univeritas Negeri Padang. Hasil uji validasi media menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat dikategorikan valid dengan tingkat kevalidan oleh ahli media 1 sebesar 92,61%, ahli media 2 sebesar 94,76%, dan ahli media 3 sebesar 86,19%. Uji praktikalitas media pembelajaran berbasis Canva berdasarkan penilaian oleh mahasiswa sebesar 87,78% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian media yang dihasilkan dapat dinyatakan sangat valid dan praktis untuk digunakan sebagai media penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrima, Fani KeprilaUNSPECIFIED
CorrectorBody, RevianUNSPECIFIED
CorrectorUtama, Rizky IndraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PRAKTEK KERJA KAYU, CANVA, MEDIA PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:49
Last Modified: 11 Oct 2023 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47253

Actions (login required)

View Item View Item