Peran Guru dalam Mencegah Tindakan Kekerasan Fisik pada Siswa dalam Program Roots Anti Bully di SMPN 1 Banuhampu

Rahman, Imam Aulia (2023) Peran Guru dalam Mencegah Tindakan Kekerasan Fisik pada Siswa dalam Program Roots Anti Bully di SMPN 1 Banuhampu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Imam_Aulia_Rahman_18058207_3016_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kasus kekerasan fisik yang terjadi di SMPN 1 Banuhampu, dan penulis berfokus untuk mencari tahu peran guru dalam mencegah terjadinya tindakan kekerasan fisik ini di SMPN 1 Banuhampu, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah teori analisis Miles dan Huberman. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kontrol sosial yang dikemukakan oleh Travis Hirschi. Pemilihan informan memakai teknik purposive sampling yaitu menetapkan informan dengan sengaja dan sesuai dengan jumlah 16 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab dari tindakan kekerasan fisik di SMPN 1 Banuhampu adalah saling mengejek yang berujung perkelahian, tatapan sinis, dan siswa yang memang dikenal nakal dan usil. Dan peran guru dalam mencegah terjadinya tindakan kekerasan fisik di SMPN 1 Banuhampu ini pertama dari segi Akademik adalah dengan cara: menanamkan pendidikan karakter di dalam pembelajaran seperti menjalankan perannya sebagai role model bagi siswa, guru sebagai penasehat, teladan, dan fasilitator agar kekerasan fisik yang terjadi di sekolah bisa dicegah sehingga terciptanya lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman bagi siswa di sekolah. Penguatan melalui materi pembelajaran dan mengajarkan dan menanamkan berbagai hal yang terkait dengan karakter seperti nilai-nilai, norma, iman, tanggung jawab, kerjasama, dan sikap toleransi. Selanjutnya dari segi Non-Akademik yaitu melalui sosialisasi program Roots Anti Bully. Memilih dan melatih agen perubahan Anti Bully, kolaborasi antara pihak guru dengan satuan pengamanan sekolah, dan memberikan layanan konseling kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErianjoni, ErianjoniUNSPECIFIED
CorrectorSusilawati, NoraUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Eka VidyaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:11
Last Modified: 11 Oct 2023 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47252

Actions (login required)

View Item View Item