Rahman, Imam Aulia
(2023)
Peran Guru dalam Mencegah Tindakan
Kekerasan Fisik pada Siswa dalam Program Roots Anti Bully di SMPN 1
Banuhampu.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kasus kekerasan fisik yang terjadi di SMPN 1
Banuhampu, dan penulis berfokus untuk mencari tahu peran guru dalam mencegah
terjadinya tindakan kekerasan fisik ini di SMPN 1 Banuhampu, Kecamatan
Banuhampu, Kabupaten Agam.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian
kualitatif. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai menggunakan metode observasi,
wawancara, dan studi dokumen. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian
ini adalah teori analisis Miles dan Huberman. Sedangkan teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teori kontrol sosial yang dikemukakan oleh Travis Hirschi.
Pemilihan informan memakai teknik purposive sampling yaitu menetapkan informan
dengan sengaja dan sesuai dengan jumlah 16 informan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab dari tindakan
kekerasan fisik di SMPN 1 Banuhampu adalah saling mengejek yang berujung
perkelahian, tatapan sinis, dan siswa yang memang dikenal nakal dan usil. Dan peran
guru dalam mencegah terjadinya tindakan kekerasan fisik di SMPN 1 Banuhampu ini
pertama dari segi Akademik adalah dengan cara: menanamkan pendidikan karakter di
dalam pembelajaran seperti menjalankan perannya sebagai role model bagi siswa, guru
sebagai penasehat, teladan, dan fasilitator agar kekerasan fisik yang terjadi di sekolah
bisa dicegah sehingga terciptanya lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman
bagi siswa di sekolah. Penguatan melalui materi pembelajaran dan mengajarkan dan
menanamkan berbagai hal yang terkait dengan karakter seperti nilai-nilai, norma, iman,
tanggung jawab, kerjasama, dan sikap toleransi.
Selanjutnya dari segi Non-Akademik yaitu melalui sosialisasi program Roots Anti
Bully. Memilih dan melatih agen perubahan Anti Bully, kolaborasi antara pihak guru
dengan satuan pengamanan sekolah, dan memberikan layanan konseling kepada siswa.
Actions (login required)
|
View Item |