Efektivitas Pelalaksanaan Layanan Informasi Menggunakan Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Literasi Digital Peserta Didik

Guspriadi, Yan (2022) Efektivitas Pelalaksanaan Layanan Informasi Menggunakan Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Literasi Digital Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Yan_Guspriadi_17006111_865_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Teknologi dan inovasi pada saat ini berkembang begitu pesat, serta pengguna dari teknologi ini yang begitu meningkat, ditambah dengan adanya keadaan pandemi Covid-19 yang dimulai pada akhir 2019, teknologi menjadi hal terdekat yang bisa memberikan bantuan, baik kepada individu, maupun dalam ruang lingkup yang lebih luas. Selain manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat dan banyak pihak, tentunya ada juga dampak negatif dari perkembangan teknologi yang harus diminimalisir. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan pelaksanaan layanan informasi menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan pemahaman literasi digital peserta didik yang ada pada saat masa-masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen rancangan The Non Equivalent Control Group. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMAN 02 Padang, menggunakan purposive sampling dan didapatkan sample kelas XII IPA 4 dan XII IPA 6. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test, dan Man U Whitney 2 Independent Sample Test. Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan layanan informasi menggunakan metode blended learning yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman literasi digital peserta didik. Secara khusus penggunaan media yang interaktif dalam pelaksanaan layanan memberikan peningkatan pemahaman literasi digital memberikan peningkatan pemahaman yang lebih. Dengan demikian guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat melaksanakan layanan informasi dan umumnya layanan yang ada pada bimbingan dan konseling dengan lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RezkiUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ZadrianUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:22
Last Modified: 11 Oct 2023 04:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47243

Actions (login required)

View Item View Item