Perbedaan Kepercayaan Diri Siswa SMA dengan Mahasiswa S1 dalam Belajar serta Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling

Vernando, Viqy (2022) Perbedaan Kepercayaan Diri Siswa SMA dengan Mahasiswa S1 dalam Belajar serta Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Viqy_Vernando_17006041_1913_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena siswa SMA dan mahasiswa S1 yang memiliki kepercayaan diri dalam belajar yang rendah. Kepercayaan diri merupakan sikap pada diri seseorang yang dapat menerima kenyataan, dapat mengembangkan kesadaran terhadap diri, berfikir secara positif, memiliki kemandirian dan kemampuan untuk memiliki dan mencapai segala sesuatu yang diinginkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kepercayaan diri siswa SMA dilihat dari aspek keyakinan kemampuan diri, obyektif, bertanggung jawab, optimis, rasional dan realistis, (2) mendeskripsikan kepercayaan diri mahasiswa S1 dilihat dari aspek keyakinan kemampuan diri, obyektif, bertanggung jawab, optimis, rasional dan realistis, (3) menguji perbedaan kepercayaan diri siswa SMA dan mahasiswa S1. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 206 siswa SMA dan 193 mahasiswa S1. Sampel dalam penelitian ini adalah 51 siswa SMA kelas XI dan 48 mahasiswa S1 yang dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kepercayaan diri dalam belajar yang mengukur aspek keyakinan kemampuan diri, aspek obyektif, aspek bertanggung jawab, aspek optimis dan aspek rasional dan realistis dengan skala Likert. Data dianalisis dengan teknik itatistic deskriptif dan analisis uji beda (t-test) dengan bantuan program SPSS for Windows versi 20.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Kepercayaan diri siswa SMAN 1 Koto XI Tarusan pada umumnya berada pada kategori sedang dengan persentase 43,14% sedangkan kepercayaan diri mahasiswa S1 di Kecamatan Koto XI Tarusan pada umumnya berada pada kategori tinggi dengan persentase 70,83%, (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kepercayaan diri siswa SMA dengan kepercayaan diri mahasiswa S1 dalam belajar. Hal ini dapat dilihat Sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kepercayaan diri mahasiswa S1 lebih besar dari rata-rata kepercayaan diri siswa SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
CorrectorRidha, MersyidUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:22
Last Modified: 11 Oct 2023 04:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47242

Actions (login required)

View Item View Item