Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa

Sukma, Sutiwi (2022) Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Sutiwi_Sukma_17006181_1404_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak yang ada didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Siswa yang belajar dengan motivasi tinggi akan melaksanakan semua kegiatan belajarnya dengan sungguh-sungguh dan penuh gairah, tekun dalam mengerjakan tugas, ulet ketika menghadapi kesulitan, memiliki minat dan bekerja mandiri. Kenyataannya masih ada siswa yang kurang memiliki motivasi belajar seperti malas belajar, kurang bertanggung jawab dengan pekerjaan rumah yang diberikan guru dan kurang mampu mengatur jadwal belajar. Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi motivasi belajar adalah dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) dukungan sosial teman sebaya, (2) motivasi belajar siswa, serta (3) menguji dan menganalisis hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 627 siswa yang terdaftar di kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis pada Semester Januari-Juni Tahun Ajaran 2021/2022 dengan sampel sebanyak 264 siswa yang dipilih secara Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah “Daftar Isian Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Daftar Isian Motivasi Belajar Siswa” dengan menggunakan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasional Pearson Product Moment. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) dukungan sosial teman sebaya siswa berada pada kategori rendah, (2) motivasi belajar siswa berada pada kategori rendah, (3) dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi 0,178 dan taraf siginifikansi 0,004. Implikasi penelitian ini bagi Bimbingan dan Konseling dapat dilakukan dengan pemberian layanan informasi dengan topik “Cara belajar yang efektif” serta layanan bimbingan kelompok dengan topik tugas “etika dalam membina hubungan dengan teman dalam belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:19
Last Modified: 11 Oct 2023 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47238

Actions (login required)

View Item View Item