Penerapan E-Government dalam Pelayanan Publik Melalui Sistem Penandatanganan Elektronik (Sakato Sign) Studi pada DPMPTSP Provinsi Sumatera Barat

Zandri, Ilham (2023) Penerapan E-Government dalam Pelayanan Publik Melalui Sistem Penandatanganan Elektronik (Sakato Sign) Studi pada DPMPTSP Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ILHAM_ZANDRI_19042010_4712_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Barat mengimplementasikan Sistem Penandatangan Elektronik atau Sakato Sign pada tahun 2018 yang bekerja sama dengan Lemsaneg (Lembaga Sandi Negara) sebagai bentuk modernisasi layanan perizinan. Namun, penerapan Sakato Sign menghadapi beberapa kendala. Pertama, keterbatasan sistem yang hanya dapat digunakan pada perangkat berbasis Android, bukan diberbagai platform perangkat. Kedua, ketergantungan pada koneksi internet yang stabil karena sistem berbasis teknologi online. Ketiga, sering terjadi eror pada sistem karena pembagian server dengan sistem lain. Keempat, keterbatasan pada sistem sakato sign yang hanya bisa menandatangani perizinan sebanya 30 perizinan dalam sehari yang menyebabkan keterlambatan penyelesaian tanda tangan perizinan yang tidak sesuai SOP. Kelima, kurangnya pemahaman masyarakat dan pelaku usaha terkait tanda tangan elektronik. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang memberikan gambaran nyata tentang penerapan Sakato Sign dan proses analisis data berkelanjutan untuk memahami kondisi objek yang alamiah. Hasil penelitian bahwa Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Barat belum sepenuhnya mencapai kesuksesan dalam menerapkan e-government dalam pelayanan publik melalui sistem penandatanganan elektronik (SAKATO SIGN) karena masih menghadapi beberapa hambatan dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsir, SyamsirUNSPECIFIED
CorrectorJumiati, JumiatiUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Nora EkaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:39
Last Modified: 11 Oct 2023 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47230

Actions (login required)

View Item View Item