Analisis Pemilihan Moda Transportasi Menuju Kampus Menggunakan Metode Regresi Binary Logistik (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang).

Pebriani, Meificen (2023) Analisis Pemilihan Moda Transportasi Menuju Kampus Menggunakan Metode Regresi Binary Logistik (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang). Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_MEIFICEN_PEBRIANI_19323034_3497_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Terjadinya peningkatan jumlah penggunaan kendaraan roda dua di Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang mendorong peneliti untuk melakukan analisis pemilihan moda transportasi menuju kampus menggunakan metode Regresi Binary Logistik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam pemilihan moda transportasi dan untuk mengetahui moda transportasi yang paling diminati mahasiswa menuju kampus. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang yang masih aktif periode Januari-Juni 2023 sebagai responden yang dipilih dengan metode Cluster Random Sampling dengan sampel sebanyak 100 sampel yang terbagi secara proporsional di setiap departemen yang ada di Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi binary logistik berdasarkan data hasil survei dengan instrumen kuesioner. Berdasarkan hasil analisis regresi binary logistik diperoleh 9 variabel bebas yang akan diuji signifikansinya terhadap variabel terikat (moda utama ke kampus) dimana diperoleh bahwa variabel alasan pemilihan moda (X6) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan moda transportasi yang digunakan mahasiswa menuju kampus karena memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05, serta hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan persentase dari penggunaan moda transportasi oleh mahasiswa menuju kampus yaitu kendaraan pribadi sebesar 51% dan menumpang dengan orang lain 10% dimana rincian penggunakan kendaraan berupa (sepeda motor 58%, mobil 2% dan sepeda 1%), yang menggunakan kendaraan umum sebesar 9% (angkot 1%, transpadang 5% dan transportasi online 3%) dan sisanya mahasiswa memilih untuk berjalan kaki 30%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOktaviani, OktavianiUNSPECIFIED
CorrectorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorUtama, Rizky IndraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODA TRANSPORTASI, REGRESI BINARY LOGISTIK, MAHASISWA
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:22
Last Modified: 11 Oct 2023 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47227

Actions (login required)

View Item View Item