Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Self Efficacy Peserta Didik

Mardiah, Husnatul (2022) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Self Efficacy Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Husnatul_Mardiah_182006026_2800_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keyakinan seseorang terhadap kemampuan dirinya sendiri bahwa ia mampu untuk melakukan sesuatu atau mengatasi suatu situasi, bahwa ia akan berhasil dalam melakukannya. Kemampuan tersebut disebut dengan self efficacy peserta didik. Seorang peserta didik sangat diharapkan untuk memiliki self efficacy yang baik sehingga peserta didik tersebut dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self efficacy peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen rancangan Time Series Design. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang peserta didik MAN 4 Pasaman Barat dengan kriteria tertentu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan datanya dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan self efficacy peserta didik. Secara khusus pelaksanaan layanan bimbingan kelompok efektif dalam memberikan peningkatan pada self efficacy. Dengan demikian guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat melaksanakan layanan bimbingan konseling dan umumnya layanan yang ada pada bimbingan dan konseling dengan lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRidha, MursyidUNSPECIFIED
CorrectorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorFebriani, Rahmi DwiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:08
Last Modified: 11 Oct 2023 01:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47221

Actions (login required)

View Item View Item