Mardiah, Husnatul
(2022)
Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Self Efficacy Peserta Didik.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Keyakinan seseorang terhadap kemampuan dirinya sendiri bahwa ia
mampu untuk melakukan sesuatu atau mengatasi suatu situasi, bahwa ia akan
berhasil dalam melakukannya. Kemampuan tersebut disebut dengan self efficacy
peserta didik. Seorang peserta didik sangat diharapkan untuk memiliki self
efficacy yang baik sehingga peserta didik tersebut dapat menjadi pribadi yang
lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan
bimbingan kelompok untuk meningkatkan self efficacy peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
Quasi Eksperimen rancangan Time Series Design. Subjek dalam penelitian ini
adalah 10 orang peserta didik MAN 4 Pasaman Barat dengan kriteria tertentu.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan datanya
dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan aplikasi
SPSS 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan
kelompok efektif untuk meningkatkan self efficacy peserta didik. Secara khusus
pelaksanaan layanan bimbingan kelompok efektif dalam memberikan peningkatan
pada self efficacy. Dengan demikian guru bimbingan dan konseling diharapkan
dapat melaksanakan layanan bimbingan konseling dan umumnya layanan yang
ada pada bimbingan dan konseling dengan lebih inovatif.
Actions (login required)
|
View Item |