Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kepercayaan Diri

Yeni, Cici Tri Hendri (2022) Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kepercayaan Diri. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Cici_ Tri_ Hendri _Yeni _17006005_1492_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri adalah suatu keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri terhadap situasi yang sedang dihadapi. Individu yang memiliki rasa percaya diri akan yakin pada kemampuan atau kompetensi diri, berani menerima dan menghadapi penolakan orang lain, berani menjadi diri sendiri dan mempunyai cara pandang yang positif terhadap diri sendiri. Kenyataannya masih ada siswa yang kurang memiliki rasa kepercayaan diri seperti beberapa siswa tidak mampu mengemukakan pendapat di depan kelas, merasa canggung saat bicara di depan kelas dan tidak berani menjadi diri sendiri. Hal ini dipengaruhi oleh salah satu faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri yaitu dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) dukungan sosial teman sebaya, (2) kepercayaan diri siswa, serta (3) menguji dan menganalisis hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 766 siswa yang terdaftar di kelas X, XI, dan XII SMA Negeri V Koto Kampung Dalam, pada Semester Juli-Desember Tahun Ajaran 2021 dengan sampel sebanyak 266 siswa yang dipilih secara Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah “daftar isian Dukungan Sosial Teman Sebaya untuk siswa Sekolah Menengah Atas dan daftar isian Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Atas” dengan menggunakan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasional Pearson Product Moment. Hasil temuan pada penelitian memperlihatkan bahwa: (1) kepercayaan diri siswa berada pada kategori tinggi, (2) dukungan sosial teman sebaya berada pada kategori tinggi, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kepercayaan diri siswa dengan koefisien korelasi 0,360 dan taraf siginifikansi 0,000. Implikasinya bagi Bimbingan dan Konseling akan didiskusikan, (4) Implikasi penelitian ini bagi Bimbingan dan Konseling dapat dilakukan dengan pemberian layanan informasi dengan topik: (a) kiat-kiat dalam kepedulian, (b) cara mengatasi kesepian dan (c) cara saling menghargai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RezkiUNSPECIFIED
CorrectorYuca, VerlandaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:07
Last Modified: 11 Oct 2023 01:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47220

Actions (login required)

View Item View Item