Analisis Tingkat Kekeringan Lahan Pertanian Berbasis Penginderaan Jauh dan Sistem Infoemasi Geografi Kabupaten Batang Hari

Anugrah, Gema (2023) Analisis Tingkat Kekeringan Lahan Pertanian Berbasis Penginderaan Jauh dan Sistem Infoemasi Geografi Kabupaten Batang Hari. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_GEMA_ANUGRAH_18136105_362_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Batang Hari merupakan salah satu kabupaten paling yang rentan terjadi musim kemarau. Hal tersebut berdampak pada sektor pertanian yang dimana sektor tersebut merupakan sumber mata pencaharian bagi sebagian besar warga di daerah Kabupaten Batang Hari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat sebaran daerah beresiko kekeringan lahan pertanian di Kabupaten Batang Hari dan luas pada tingkat kekeringan pertanian Kabupaten Batang Hari. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penginderaan jauh yang diintegrasikan dengan kondisi fisiografis wilayah yang berpengaruh terhadap kekeringan. Kekeringan di wilayah Kabupaten Batang Hari dikelompokkan kedalam 3 kelas kekeringan yaitu: rendah,sedang,tinggi. Data yang dibutuhkan pada penelitian ini antara lain: peta Normalized Different Vegetation Index (NDVI), peta Land Surface Temperature (LST), peta rata – rata curah hujan, peta hidrogeologi, dan peta jenis tanah. Dari pengolahan data dihasilkan bahwa luas tingkat kekeringan pertanian rendah adalah 55382.60 hektar dengan total persentase 26.7 %, tingkat kekeringan sedang adalah 121303.16 hektar dengan total persentase 58.5%, tingkat kekeringan tinggi yaitu 30472.74 hektar dengan total persentase 14.7% dari luas pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHermon, DediUNSPECIFIED
CorrectorUmar, IswandiUNSPECIFIED
CorrectorMariya, SriUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:54
Last Modified: 10 Oct 2023 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47214

Actions (login required)

View Item View Item