Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Ibnu Jamaah di Dalam Kitab Tazkirotus Saami’ Wa Al-Mutakallim Fii Adab Al‘Alim Wa Al-Muta’allim dan Relevansinya dengan Pendidikan Masa Kini

Zahmi, Hasri (2023) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Ibnu Jamaah di Dalam Kitab Tazkirotus Saami’ Wa Al-Mutakallim Fii Adab Al‘Alim Wa Al-Muta’allim dan Relevansinya dengan Pendidikan Masa Kini. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_HASRI_ZAHMI_18329114_331_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh pendidik menjadi perhatian utama dalam dunia pendidikan. Ada guru menampar siswa nya, dosen melakukan pelecehan seksual kepada mahasiswa, ada ustadz redupaksa belasan muridnya hingga hamil dan melahirkan.Sehingga dalam permasalahan ini memerlukan solusi yaitu kembali merujuk kepada kitab-kitab ulama, karena para ulamalah yang mesti dijadikan rujukan dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam hal ini. Salah satu kitab ulama membahas dan mengkaji tentang pendidik yang memuat bekal-bekal yang mesti dimiliki oleh seorang pendidik adalah kitab tazkirotus saami‟ wa al-mutakallim fii adab al-„alim wa al-muta‟allim karya Imam Ibnu Jamaah. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini secara keseluruhan adalah untuk mengeksplorasi kompetensi-kompetensi guru PAI di dalam kitab tazkirotus saami‟ wa al-mutakallim fii adab al-„alim wa al-muta‟allim karangan Ibnu Jamaah dan relevansinya dengan pendidikan kontemporer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian library researh (penelitian kepustakaan). Dalam analisisnya, peneliti menggunakan content analysis (analisis isi). Analisis data dilakukan dengan cara menganalisis data tentang pendidik dalam kitab tazkirotus saami‟ wa al-mutakallim fii adab al-„alim wa al-muta‟allim karya Imam Ibnu Jamaah. Data primer penelitian ini adalah buku terjemahan dari kitab tazkirotus saami‟ wa al-mutakallim fii adab al-„alim wa al-muta‟allim. Teknik pengumpulan data adalah observasi secara lansung dengan membaca. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa ada 5 kompetensi guru PAI dalam kitab beliau yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, dan kepemimpinan. Pemikiran beliau juga relevan dengan pendidikan kontemporer. Maksudnya relevan dengan peraturan mentri agama RI Nomor 16 tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah. Melalui ilmunya tentang pendidikan ini diharapkan pendidikan era kontemporer dapat mengadopsi dan menerapkannya. .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRivauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorWiza, RahmiUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:53
Last Modified: 10 Oct 2023 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47212

Actions (login required)

View Item View Item