Zahmi, Hasri
(2023)
Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
Perspektif Imam Ibnu Jamaah di Dalam Kitab
Tazkirotus Saami’ Wa Al-Mutakallim Fii Adab Al‘Alim
Wa Al-Muta’allim
dan
Relevansinya dengan Pendidikan Masa Kini.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Permasalahan yang dialami oleh pendidik menjadi perhatian utama
dalam dunia pendidikan. Ada guru menampar siswa nya, dosen melakukan
pelecehan seksual kepada mahasiswa, ada ustadz redupaksa belasan muridnya
hingga hamil dan melahirkan.Sehingga dalam permasalahan ini memerlukan
solusi yaitu kembali merujuk kepada kitab-kitab ulama, karena para ulamalah
yang mesti dijadikan rujukan dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam
hal ini.
Salah satu kitab ulama membahas dan mengkaji tentang pendidik yang
memuat bekal-bekal yang mesti dimiliki oleh seorang pendidik adalah kitab
tazkirotus saami‟ wa al-mutakallim fii adab al-„alim wa al-muta‟allim karya
Imam Ibnu Jamaah. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini secara keseluruhan
adalah untuk mengeksplorasi kompetensi-kompetensi guru PAI di dalam kitab
tazkirotus saami‟ wa al-mutakallim fii adab al-„alim wa al-muta‟allim
karangan Ibnu Jamaah dan relevansinya dengan pendidikan kontemporer.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan jenis penelitian library researh (penelitian kepustakaan). Dalam
analisisnya, peneliti menggunakan content analysis (analisis isi). Analisis data
dilakukan dengan cara menganalisis data tentang pendidik dalam kitab
tazkirotus saami‟ wa al-mutakallim fii adab al-„alim wa al-muta‟allim karya
Imam Ibnu Jamaah. Data primer penelitian ini adalah buku terjemahan dari
kitab tazkirotus saami‟ wa al-mutakallim fii adab al-„alim wa al-muta‟allim.
Teknik pengumpulan data adalah observasi secara lansung dengan membaca.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa ada 5 kompetensi guru PAI
dalam kitab beliau yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial,
profesional, dan kepemimpinan. Pemikiran beliau juga relevan dengan
pendidikan kontemporer. Maksudnya relevan dengan peraturan mentri agama
RI Nomor 16 tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada
Sekolah. Melalui ilmunya tentang pendidikan ini diharapkan pendidikan era
kontemporer dapat mengadopsi dan menerapkannya.
.
Actions (login required)
|
View Item |