Penerapan Strategi Mnemonic Akronim dalam Pembelajaran Akidah Akhlak pada Kelas XII di MAN 2 Pesisir Selatan

Rahmi, Hidayatul (2023) Penerapan Strategi Mnemonic Akronim dalam Pembelajaran Akidah Akhlak pada Kelas XII di MAN 2 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_HIDAYATUL_RAHMI_18329116_3333_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Salah satu strategi yang dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yaitu strategi mnemonic akronim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari penerapan stategi mnemonic akronim dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada kelas XII di MAN 2 Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diambil dari beberapa orang informan dengan menggunakan purposive sampling. Untuk memperoleh hasil wawancara, penelitian ini menggunakan pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini menunjukan: Pertama perencanaan penerapan strategi mnemonic akronim dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada kelas XII di MAN 2 Pesisir Selatan diantaranya: a) Persiapan sebelum pembelajaran, Guru menyiapkan RPP, Peta konsep, menyiapkan materi dan bahan ajar. Persiapan menjelang belajar seperti mengodisikan ruagan belajar bebas dari sampah, menggunakan metode teknik akronim, mengucapkan salam. Kedua, pelaksanaan terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti, penutup. Pendahuluan kegiatan ini adalah membaca doa sebelum belajar, mengambil absensi siswa, kemudian meminta siswa mereview materi. Kegiatan intinya adalah pengenalan bank nilai pada siswa, mereviw materi, memberi motivasi pada siswa. Kegiatan penutupnya adalah guru meminta siswa mengulangi pelajaran secara tes lisan, guru menyampaikan sub materi pada pertemuan berikutnya. Ketiga evaluasi dari kegiatan ini adalah guru memanggil peserta didik untuk maju ke depan kelas dan mengulang kembali materi yang telah diajarkan guru secara tes lisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSatria, RenggaUNSPECIFIED
CorrectorRifauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:53
Last Modified: 10 Oct 2023 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47211

Actions (login required)

View Item View Item