Rahmi, Hidayatul
(2023)
Penerapan Strategi Mnemonic Akronim dalam
Pembelajaran Akidah Akhlak pada Kelas XII di MAN 2 Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Salah satu strategi yang dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan
pembelajaran yaitu strategi mnemonic akronim. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari penerapan stategi
mnemonic akronim dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada kelas XII di MAN 2
Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif. Sumber data diambil dari beberapa orang informan dengan menggunakan
purposive sampling. Untuk memperoleh hasil wawancara, penelitian ini menggunakan
pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis
data yang penulis gunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini menunjukan:
Pertama perencanaan penerapan strategi mnemonic akronim dalam pembelajaran
Akidah Akhlak pada kelas XII di MAN 2 Pesisir Selatan diantaranya: a) Persiapan
sebelum pembelajaran, Guru menyiapkan RPP, Peta konsep, menyiapkan materi dan
bahan ajar. Persiapan menjelang belajar seperti mengodisikan ruagan belajar bebas dari
sampah, menggunakan metode teknik akronim, mengucapkan salam. Kedua,
pelaksanaan terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti, penutup. Pendahuluan kegiatan ini
adalah membaca doa sebelum belajar, mengambil absensi siswa, kemudian meminta
siswa mereview materi. Kegiatan intinya adalah pengenalan bank nilai pada siswa,
mereviw materi, memberi motivasi pada siswa. Kegiatan penutupnya adalah guru
meminta siswa mengulangi pelajaran secara tes lisan, guru menyampaikan sub materi
pada pertemuan berikutnya. Ketiga evaluasi dari kegiatan ini adalah guru memanggil
peserta didik untuk maju ke depan kelas dan mengulang kembali materi yang telah
diajarkan guru secara tes lisan.
Actions (login required)
|
View Item |