Studi Gelombang Kejut pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Jalan Jend Sudirman – Jalan Rasuna Said dan Jalan KIS Mangunsarkoro – Jalan Ujung Gurun Kota Padang).

Nopriyanti, Lensi (2023) Studi Gelombang Kejut pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Jalan Jend Sudirman – Jalan Rasuna Said dan Jalan KIS Mangunsarkoro – Jalan Ujung Gurun Kota Padang). Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_LENSI_NOPRIYANTI_18323021_377_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ketidaksesuaian durasi lampu lalu lintas dengan kondisi arus lalu lintas yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya peristiwa gelombang kejut yaitu meningkatnya kepadatan arus lalu lintas dan berkurangnya kecepatan kendaraan ketika lampu merah menyala sehingga terjadi antrian yang panjang. Dengan menggunakan metode Greenshield untuk menemukan hubungan matematis arus, kecepatan dan kepadatan yang kemudian akan digunakan untuk menghitung nilai gelombang kejut Ꙍab, Ꙍcb, dan Ꙍac yang dihitung dengan 2 metode yaitu metode Headway dan MKJI 1997. Nilai gelombang kejut yang didapat adalah pada Jalan Jenderal Sudirman dengan menggunakan metode headway di peroleh nilai gelombang kejut sebesar Ꙍab = -2,9 km/jam, Ꙍcb = -23,4 km/jam, dan Ꙍac = 20,6 km/jam dengan nilai MAPE sebesar 6,41%. Sedangkan dengan MKJI 1997 didapat nilai gelombang kejut Ꙍab = -2,8 km/jam, Ꙍcb = -24,5 km/jam, dan Ꙍac = 21,5 km/jam dengan nilai MAPE sebesar 2,61%. Pada Jalan Rasuna Said dengan menggunakan metode headway nilai gelombang kejut sebesar Ꙍab = -3,4 km/jam, Ꙍcb = -20,8 km/jam, dan Ꙍac = 17,9 km/jam dengan nilai MAPE sebesar 0,76%. Sedangkan dengan MKJI 1997 nilai gelombang kejut Ꙍab = -2,7 km/jam, Ꙍcb = -20,3 km/jam, dan Ꙍac = 17,9 km/jam dengan nilai MAPE sebesar 0,78%.Berdasarkan hasil analisa didapatkan disimpulkan bahwa nilai gelombang kejut yang dihasilkan memiliki nilai yang tinggi yang menggambarkan bahwa tingkat kemacetan yang dihasilkan sangat tinggi. Hal ini diperlukan penyesuaian durasi lampu merah kembali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOktaviani, OktavianiUNSPECIFIED
CorrectorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorArifin, Ari SyaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GELOMBANGAN, JALAN, LALU LINTAS
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:21
Last Modified: 10 Oct 2023 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47209

Actions (login required)

View Item View Item