Wulandari, Windi
(2022)
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar IPS Peserta Didik Paket B Di PKBM
Gempita.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta didik
program paket B di PKBM Gempita dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division)
terhadap prestasi belajar IPS peserta didik paket B di PKBM Gempita.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen
dan desain True Experimental, dengan bentuk Posttest-Only Control Goup
Design. Penelitian ini dilakukan pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
semester 1 2021 pada program paket B yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas
eksperimen berjumlah 25 orang dan kelas kontrol berjumlah 24 orang. Untuk
pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan statistik uji t, dengan taraf
signifikan 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu 80 sedangkan hasil
rata-rata kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah 69,58. Analisis data
kedua kelompok menggunakan uji t, diperoleh dengan taraf
signifikan α = 5% didapat Melalui kriteria uji jika
maka Ho ditolak dan H1 diterima. 3,6455 > 2,01174, jadi dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan peserta didik yang menggunakan
metode ceramah. Disarankan 1) Kepada pendidik agar dapat menggunakan model
pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih aktif dalam proses
pembelajaran, 2) Seorang pendidik harus memiliki kreatifitas yang tinggi dalam
menggunakan model dan strategi pembelajaran, 3) Kepada peneliti selanjutnya
yang akan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat
menerapkannya pada pokok bahasan yang lain.
Actions (login required)
|
View Item |