Hubungan Intensitas Interaksi Orang Tua Bersama Anak dengan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di Kenegarian Salido Kecamatan Iv Jurai

Rusliana, Regina Aprilia (2022) Hubungan Intensitas Interaksi Orang Tua Bersama Anak dengan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di Kenegarian Salido Kecamatan Iv Jurai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Regina_Aprilia_Rusliana_17005086_878_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai. Diduga salah satu penyebabnya adalah karena intensitas interaksi orang tua bersama anak masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: menggambarkan intensitas interaksi orang tua bersama anak; menggambarkan kemampuan berbicara anak; dan melihat hubungan intensitas interaksi orang tua bersama anak dengan kemampuan berbicara anak di Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai. Penelitian ini berjenis kuantitatif teknik korelasional. Populasi penelitian adalah orangtua dari anak usia dini di Nagari Salido Kecamatan IV Jurai. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan datanya berupa angket dengan alatnya berupa kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisi dengan rumus persentase dan korelasi Spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Intensitas interaksi orang tua bersama anak usia dini dikategorikan masih rendah; Kemampuan berbicara anak usia dini dikategorikan masih rendah, dan terdapat hubungan signifikan antara intensitas interaksi orang tua bersama anak dengan kemampuan berbicara anak dini di Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai. Disarankan kepada keluarga supaya menjalin komunikasi secara harmonis, intensif, dan dinamis dengan anak sehingga kemampuan bicara anak meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorJamaris, JamarisUNSPECIFIED
CorrectorPamungkas, Alim HarunUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:33
Last Modified: 10 Oct 2023 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47204

Actions (login required)

View Item View Item