Hubungan Pendekatan Orangtua dalam Pembelajaran Daring dengan Keberhasilan Belajar Anak di Kota Sungai Penuh

Mahliga, Puti (2022) Hubungan Pendekatan Orangtua dalam Pembelajaran Daring dengan Keberhasilan Belajar Anak di Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Puti_Mahliga_17005126_1930_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada saat pembelajaran di kelas beralih ke pembelajaran daring sehingga anak lebih banyak menghabiskan waktu dalam melaksanakan pembelajaran bersama orangtua di rumah, tentu tidak semua orangtua melakukan pendekatan dengan intensitas yang sama dalam mengawasi anak belajar, begitu juga dengan anak, keleluasaan anak pada saat belajar dari rumah tanpa diawasi oleh guru seperti dikelas dapat mempengaruhi perilaku belajar anak itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Menggambarkan pendekatan orangtua terhadap anak selama belajar daring di Kota Sungai Penuh, 2) Menggambarkan perilaku anak dalam belajar secara daring, 3) Untuk mengetahui hubungan pendekatan orangtua dengan perilaku anak belajar daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah Ibu dari anak usia sekolah dasar di Kota Sungai Penuh. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling yang pada penelitian ini menggunakan 66 Ibu dari anak usia sekolah dasar sebagai sampel penelitian dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. teknik analisis data menggunakan rumus presentase dan product moment. Hasil Penelitian menujukkan bahwa 1) intensitas atau tingkat keseringan pendekatan yang dilakukan oleh orangtua dikategorikan baik dibuktikan dengan pilihan terbanyak adalah alternatif jawaban sering dengan nilai 44%. 2) Perilaku belajar anak di Kota Sungai Penuh dikategorikan baik, dibuktikan dengan 44 anak dengan perilaku belajar baik dan 21 anak dengan perilaku belajar sangat baik dan 3) terdapat hubungan signifikan antara pendekatan orangtua dalam pembelajaran daring dengan perilaku belajar anak di Kota Sungai Penuh dibuktikan dengan rhitung = 0,824 > rtabel = 0,242 pada taraf kepercayaan 5% juga > rtabel = 0,315 pada taraf kepercayaan 1%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaris, JamarisUNSPECIFIED
CorrectorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorAini, WirdatulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:43
Last Modified: 10 Oct 2023 04:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47202

Actions (login required)

View Item View Item