Pembinaan yang dilakukan Pimpinan dalam Meningkatkan Kompetensi Ustaz-Ustazah pada Lembaga Tahsin & Tahfizh Quran (LT2Q) Dar El-Iman Padang

Alnur, Mela Kurnia (2022) Pembinaan yang dilakukan Pimpinan dalam Meningkatkan Kompetensi Ustaz-Ustazah pada Lembaga Tahsin & Tahfizh Quran (LT2Q) Dar El-Iman Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Mela_ Kurnia_ Alnur_17005167_1886_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan Lembaga Tahsin dan Tahfizh Quran (LT2Q) Dar El-Iman, hal ini diduga karena pembinaan dari pimpinan Lembaga Tahsin dan Tahfizh Quran (LT2Q) Dar El-Iman dalam meningkatkan kompetensi ustaz-ustazah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pembinaan pimpinan dalam: (1) Meningkatkan kemampuan kognitif, (2) Mengembangkan kemampuan afektif, dan (3) Meningkatkan kemampuan psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ustaz-ustazah Lembaga Tahsin dan Tahfizh Quran (LT2Q) Dar El Iman Padang yang berjumlah 37 orang. Sampel diambil 73% atau 27 orang, dengan teknik sampel Cluster Rrandom Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan alat pengumpulann data adalah kuisioner. Teknik analisis data menggunakan rumus Persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembinaan pimpinan dalam meningkatkan kemampuan koognitif dikategorikan baik, (2) Pembinaan pimpinan dalam mengembangkan kemampuan afektif dikategorikan baik, dan (3) Pembinaan pimpinan dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik dikategorikan sangat baik. Disarankan kepada: (1) Pimpinan lembaga agar senantiasa melakukan pembinaan terhadap kompetensi ustaz-ustazah, dan (2) Peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti variabel lain yang berhubungan dengan kompetensi ustaz-ustazah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
CorrectorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorPamungkas, Alim HarunUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:23
Last Modified: 10 Oct 2023 04:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47199

Actions (login required)

View Item View Item