Hubungan antara Lingkungan Belajar Dengan Hasil Belajar Santri Pada Taman Pendidikan Al-Quran di Mesjid Mujahiddin Bungo Tanjung Anak Air Kota Padang

Dwiyan, Lily Maulya (2022) Hubungan antara Lingkungan Belajar Dengan Hasil Belajar Santri Pada Taman Pendidikan Al-Quran di Mesjid Mujahiddin Bungo Tanjung Anak Air Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Lily _Maulya_ Dwiyan _170052024_562_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar santri yang belajar di TPA Mesjid Mujahiddin Bungo Tanjung Anak Air Kota Padang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1). Untuk menggambarkan lingkungan belajar, (2). Untuk menggambarkan hasil belajar, (3). Untuk melihat hubungan antara Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Santri pada Taman Pendidikan Al-Quran di Mesjid Mujahiddin Bungo Tanjung Anak Air Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis korelasi. Populasi penelitian adalah santri di TPA Mesjid Mujahiddin dari kelas satu, dua dan tiga. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan alat pengumpulan data berupa kondusif; hasil belajar siginifikan anatara lingkungan belajar dengan hasil belajar Santri di TPA Mesjid Mujahiddin Bungo Tanjung Anak Air Kota Padang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Lingkungan belajar di TPA Mesjid Mujahiddin Bungo Tanjung Anak Air Kota Padang dikategorikan kurang kondusif. Hasil belajar santri yang belajar di TPA Mesjid Mujahiddin Bungo Tanjung Anak Air Kota Padang tergolong masih rendah. Didaptkan hubungan yang signifikan antara Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Santri Pada Taman Pendidikan Al-Quran di Mesjid Mujahiddin Bungo Tanjung Anak Air Kota Padang. Disarankan agar pengelola/pendidik di TPA Mesjid Mujahiddin beserta orang tua untuk dapat mendukung aktivitas belajar santri dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga santri bisa belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorIrmawita, IrmawitaUNSPECIFIED
CorrectorAini, WirdatulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:12
Last Modified: 10 Oct 2023 04:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47195

Actions (login required)

View Item View Item