Dwiyan, Lily Maulya
(2022)
Hubungan antara Lingkungan Belajar Dengan Hasil Belajar Santri Pada Taman Pendidikan Al-Quran di Mesjid Mujahiddin Bungo Tanjung Anak Air Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar santri yang
belajar di TPA Mesjid Mujahiddin Bungo Tanjung Anak Air Kota Padang. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1). Untuk menggambarkan
lingkungan belajar, (2). Untuk menggambarkan hasil belajar, (3). Untuk melihat
hubungan antara Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Santri pada Taman
Pendidikan Al-Quran di Mesjid Mujahiddin Bungo Tanjung Anak Air Kota
Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan
jenis korelasi. Populasi penelitian adalah santri di TPA Mesjid Mujahiddin dari
kelas satu, dua dan tiga. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified
Random Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan alat
pengumpulan data berupa kondusif; hasil belajar siginifikan anatara lingkungan
belajar dengan hasil belajar Santri di TPA Mesjid Mujahiddin Bungo Tanjung
Anak Air Kota Padang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Lingkungan belajar di TPA
Mesjid Mujahiddin Bungo Tanjung Anak Air Kota Padang dikategorikan kurang
kondusif. Hasil belajar santri yang belajar di TPA Mesjid Mujahiddin Bungo
Tanjung Anak Air Kota Padang tergolong masih rendah. Didaptkan hubungan
yang signifikan antara Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Santri Pada
Taman Pendidikan Al-Quran di Mesjid Mujahiddin Bungo Tanjung Anak Air
Kota Padang. Disarankan agar pengelola/pendidik di TPA Mesjid Mujahiddin
beserta orang tua untuk dapat mendukung aktivitas belajar santri dengan
menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga santri bisa belajar dengan
baik.
Actions (login required)
|
View Item |