Hubungan antara Bimbingan Orang Tua dengan Minat Belajar Remaja di Kampung Melayu Kecematan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Fitri, Lidia (2022) Hubungan antara Bimbingan Orang Tua dengan Minat Belajar Remaja di Kampung Melayu Kecematan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Lidia _Fitri _17005117_804_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar remaja di Kampung Melayu Kecematan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Penulis menduga salah satu faktor penyebanya ialah rendahnya bimbingan dari orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran bimbingan orang tua bimbingan belajar remaja, mengetahui bagaimana minat anak dengan proses pembelajaran, dan bagaimana hubungan keduanya. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 31 orang. Adapun sampeldalam penelitian ini diambil sebanyak 50% dengan jumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data menngunakan kuesioner dan alat pengumpulan datanya menngunakan kuesioner yang berisi daftar pertanyaan. Teknis analisis data dalam penelitian ini menngunakan rumus statistic presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bimbingan belajar orang tua pada remaja rendah; (2) minat belajar remaja masih rendah; dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan orang tua dengan minat belajar remaja di Kampung Melayu Kecematan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Disarankan kepada orang tua agar dapat membimbing pembelajaran anak dirumah sehingga dapat menghasilkan minat belajar yang tinngi untuk anak, kepada remaja agar dapat mendorong diri agar dapat meningkatkan minat belajar agar tercapainya pembalajaran yang baik dan maksimal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSunarti, VeviUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:11
Last Modified: 10 Oct 2023 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47194

Actions (login required)

View Item View Item